Cara Belajar Bicara (Speaking) Bahasa Inggris, Paling Mudah!

Bahasa Inggris terdiri berbagai skill yang harus dikuasai, mulai dari reading, listening dan speaking. Masing – masing memiliki kerumitan tersendiri. Speaking atau berbicara dalam bahasa Inggris menjadi skill yang paling rumit.

Pasalnya, skill ini memerlukan pemahaman dasar berupa grammar dan vocabs. Sulit bisa berkomunikasi bahasa Inggris jika belum pelajari dua pemahaman dasar tersebut.

Mau tahu cara mudah belajar bicara (speaking) bahasa Inggris? Tips sederhana berikut ini mungkin recommended untuk dicoba!

Berpikir dengan Bahasa Inggris

Sebelum mulai pembicaraan, sejenak otak manusia bekerja cepat memikirkan apa saja yang akan dibicarakan. Serupa halnya ketika mencoba bicara bahasa Inggris. Berpikirlah bahwa keadaan di sekitar telah berubah ke dalam bahasa Inggris.

Secara tidak langsung, cara sedemikian rupa bisa mengasah otak untuk terbiasa mengingat berbagai kosakata atau pola kalimat. Seiring intens dilakukan, bukan tidak mungkin bila kemampuan bicara bahasa Inggris akan meningkat drastis.

Berbicara pada Diri Sendiri

Tanpa bantuan orang lain, praktek bicara bahasa Inggris pada diri sendiri dinilai lebih fleksibel. Sebab bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Jika sudah sering memikirkan kata atau pola kalimat bahasa Inggris tersebut, tak ada salahnya mengutarakan secara lantang.

Cara ini efektif jika kondisi ruangan sedang sepi. Karena tidak ada satu pun yang mengkoreksi, cukuplah koreksi dari diri sendiri saja. Semakin terbiasa bicara bahasa Inggris dengan lantang, maka rasa percaya diri.semakin terasah Dengan demikian, belajar bahasa Inggris pun tak lagi malu meski terkadang banyak salah.

Manfaatkan Cermin

Bila ada waktu beberapa menit, cobalah luangkan sejenak untuk berdiri di depan cermin. Kemudian berbicaralah apapun dalam bahasa Inggris. Latihan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gerakan mulut, ekspresi wajah dan gesture ketika sedang berbicara.

Berbicara di depan cerman adalah cara sebelum berbicara dengan seseorang atau dalam forum (public speaking). Usahakan untuk berlatih dengan durasi dua sampai tiga menit. Bila mulai stuck dengan kosakata yang terlalu asing, maka cari alternatif kata lain yang sekiranya masih relevan untuk dipahami.

belajar speaking bahasa inggris
candlesonline.wordpress.com

Fokus Berbicara, Bukan Grammar

Bagi pemula, mempelajari komunikasi bahasa Inggris bisa dimulai dari mengasah percaya diri. Amati seberapa sering pembicaraan berhenti. Semakin sering berhenti, semakin terkesan kurang percaya diri dan tak enak didengar.

Tantang diri sebisa mungkin untuk kuat bicara selama dua sampai tiga menit. Mungkin sedikit kurang teratur di awal, namun selama paham dengan maksudnya maka pemahaman grammar bisa diasah secara perlahan.

Tongue Twister

Selain memerlukan percaya diri, berbicara bahasa Inggris juga membutuhkan kemampuan pronunciation, yakni pengucapan yang sesuai dengan native speaker atau orang Inggris asli.

Contoh tongue twister salah satunya seperti โ€œThe thirty-three thieves thought that they thrilled the throne throughout Thursdayโ€. Cobalah ucapkan kalimat tersebut dengan cepat dan benar. Semakin diasah, semakin pula lancar pronunciation tiap kosakata bahasa Inggris.

Memperbanyak Input Bahasa Inggris

Tidak hanya mengandalkan praktek, dalam pengertian belajar bahasa Inggris juga memerlukan input, seperti melihat atau mendengar native speaker berbicara. Mulailah perbanyak input dengan sering menonton program acara berbahasa Inggris.

Cara praktisnya bisa melalui TV atau YouTube. Cobalah untuk mengulang satu atau dua kalimat yang dibicarakan native speaker di acara tersebut. Usahakan pengucapan, nada dan kecepatannya bicaranya cocok.

Demikian sedikit tips cara belajar bicara (speaking) bahasa Inggris yang mudah dan praktis. Belajar bahasa Inggris tentu memerlukan waktu dan peningkatan secara bertahap. Selama proses belajar senantiasa rutin, semakin besar pula untuk bisa bicara bahasa Inggris dengan lancar.

Scroll to Top