Model Soal SBMPTN Ini Pasti Muncul, Apa Saja?

Setiap menjelang pertengahan tahun, para calon mahasiswa harus mempersiapkan berbagai hal supaya berpeluang lolos masuk perguruan tinggi negeri. Mulai dari persiapan memilih jurusan hingga pengerjaan soal. 

Ujian SBMPTN terdiri dari mata pelajaran tertentu, namun dalam pengerjaannya ada kurang lebih ketiga model soal yang selalu muncul. Memahami dan berlatih model – model soal tersebut penting untuk tingkatkan rasa percaya diri saat ujian berlangsung. Lantas, bagaimana model soalnya? Simak ulasan berikut!

Pilihan Ganda

Sangat diyakini kalau jenis soal semacam ini sudah familiar di berbagai macam ujian. Pilihan ganda dinilai sebagai soal termudah. Ini dikarenakan dari lima jawaban yang tersedia sudah pasti ada satu jawaban yang benar.

Trik mengerjakan soal pilihan ganda dimulai dengan mengeliminasi pilihan – pilihan jawaban. Kemudian sisakan satu pilihan jawaban yang memang sudah diyakini benar atau cocok dengan pertanyaan. Hanya saja, trik tersebut tidak berlaku pada soal hitung menghitung seperti matematika, fisika atau kimia.

Pernyataan Sebab – Akibat

mamikos.com

Soal ini dinilai cukup rumit, karena membutuhkan berpikir logis. Cara mengerjakannya adalah dengan memilih satu dari sekian jawaban atau pilihan ganda. Pahamilah apa pernyataan atau alasan yang dijelaskan, kemudian periksa kebenarnnya.

soal sbmptn sebab akibat
ruangguru.com

Peserta juga harus tahu pula hubungan sebab akibat dari keduanya. Soal ini membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Sederhananya, peserta dituntut untuk memahami apakah peryataan sebagai akibat dari alasan dan tidak sebaliknya.

Jawaban bisa dipilih melalui pilihan ganda yang tersedia jika sudah yakin dan paham betul mengenai maksud dari pernyataan. Petunjuk pengerjaan soal model ini tidak tertulis di bawah soal, sehingga sangat disarakan untuk segera dihafal terlebih dahulu.

Benar – Salah

e-sbmptn.com

Soal ini berisi empat buah pernyataan. Kemudian ketahui mana yang benar dari pernyataan tersebut. Seperti halnya soal sebab – akibat, diperlukan ketelitian tinggi untuk bisa memilih jawaban dengan benar. Sebelum ujian, soal ini juga harus diingat karena instruksi pengerjaannya tidak ditampilkan di bawah soal.

Demikian ulasan mengenai macam model soal SBMPTN yang berpeluang besar muncul saat ujian. Semoga artikel ini bisa bermanfaat sebagai bekal ringan sebelum memulai persiapan belajar intensif. 

Scroll to Top