Les Privat Online atau Offline, Pilih Mana?

Belajar merupakan bentuk persiapan atau bekal dapatkan masa depan cerah di masa yang akan datang. Dengan demikian, para orang tua harus memperhatikan bagaimana sehari – hari anak belajar, apakah sudah efektif atau belum?

Pertanyaan ini bisa dijawab apabila orang tua sudah mengetahui bagaimana anak bisa memahami materi dengan baik. Bisa juga dilihat dari nilai akademik pelajaran sekolah sejauh ini.

Orang tua yang sibuk bekerja dan tidak memiliki banyak waktu luang untuk membimbing anak tentu akan khawatir bila proses belajarnya cenderung menurun. Belum lagi jika anak adalah tipikal siswa yang mudah minder dan tidak terlalu aktif di sekolah.

Bila demikian, solusi terbaik bagi orang tua adalah mulai memberikan fasilitas bimbingan belajar les privat untuk anak pada lembaga terpercaya. Satu diantaranya adalah Executive Education.

Telah tersedia dua opsi les privat yang bisa dipilih, yakni les privat guru ke rumah siswa (konvensional) dan les privat online. Pemilihan dua opsi tersebut bisa disesuaikan dengan budget atau kebutuhan belajar.

Bagi siapapun yang saat ini sedang bingung memilih diantara dua opsi tersebut, berikut ini kami paparkan perbedaaan dari les privat online maupun offline bila ditinjau dari berbagai aspek.

Waktu Bimbingan

Dari aspek waktu dimulainya bimbingan, les privat online diakui lebih unggul. Ini dikarenakan les privat online mampu menawarkan waktu bimbingan yang fleksibel, sehingga sangat cocok bagi siswa yang mempunyai kesibukan tak menentu dan waktu luang yang terbatas.

Adapun pada les privat online, siswa atau wali siswa harus mengonfirmasi terlebih dahulu maksimal H-1 bila ingin mengganti jadwal bimbingan.Tidak sefleksibel les privat online yang bisa ubah jadwal kapanpun, selama tutor bersedia.

bimbingan daring les privat online
newscosmetology.com

Tempat Bimbingan

Les privat online tidak hanya fleksibel dari segi waktu, namun juga tempat. Siswa bisa belajar dimana saja, selama ada koneksi internet dari laptop atau tablet. Meski demikian siswa harus memilih tempat belajar yang nyaman dan tenang supaya terhindar dari distraksi yang merusak fokus dan konsentrasi.

Bila dibandingkan dengan les privat guru ke rumah siswa, maka tempat belajar harus ditentukan terlebih dahulu. Buatlah tempat belajar yang nyaman, tidak ada salahnya sediakan pendingin ruangan bila suhu di luar panas dan cukup menggangu.

Biaya Bimbingan

Secara umum, les privat konvensional membutuhkan biaya yang lebih banyak dibandingkan les privat online. Sebab les privat konvensional memerlukan guru untk hadir ke rumah siswa. Perlu biaya transportasi yang harus dikeluarkan.

Sementara pada les privat online, siswa hanya memerlukan tambahan biaya penggunaan internet saja. Bila ditotal, tentu hasilnya masih lebih tinggi biaya bimbingan les privat offline.

Walau demikian, secara kualitas belajar tentu berbeda. Les privat offline cenderung mempermudah proses belajar secara real-time dibandingkan les privat online.

Hubungan Siswa dengan Tutor

Perbedaan yang paling mencolok dari dua opsi bimbingan les privat tersebut adalah bagaimana hubungan antara siswa dan tutor. Dalam les privat online, siswa cenderung kurang memiliki ikatan emosional yang kuat dengan tutor. Sebab pengenalan pribadi mereka sangat terbatas, hanya via daring saja.  

Di lain sisi, les privat offline berpotensi membangun ikatan emosional antara guru dan siswa lebih kuat. Semakin lama siswa mempercayakan tutor yang sama, maka semakin kuat pula ikatan emosionalnya. Tak dapat dipungkiri bila kenyamanan belajar juga menentukan efektivitas pembelajaran selama bimbingan.

Itulah dua perbedaan dari les privat offline dan online. Ada baiknya orang tua menimbang kembali sebelum menentukan opsi les privat tersebut. Faktor yang perlu diperhatikan bagi siswa atau wali siswa yakni kondisi budget, kebutuhan dan kenyaanan belajar.

Scroll to Top