5 Gim Matematika Terbaik, Dijamin Seru!

Terlepas suka tidak suka dengan matematika, sejatinya pelajaran ini bisa dinilai sangat menarik selama menggunakan cara atau metode pembelajaran yang tepat. Salah satunya adalah belajar matematika melalui media pembelajaran gim. Dengan demikian, proses belajar tidak hanya efektif, namun juga komprehensif.

Gim matematika bisa mengasah banyak hal. Mulai dari meningkatkan daya ketrampilan, memperkuat pengetahuan dasar hingga membantu kenali materi – materi terbaru. Seluruh aktivitas gim membutuhkan matematika untuk menyelesaikannya.

Kurang lebih sudah ada ratusan gim matematika yang dirilis. Khusus dalam artikel ini, akan diulas rekomendasi 5 gim matematika terbaik yang tentunya sangat bermanfaat apabila saat ini tertarik rasakan jenis belajar yang berbeda .

DoodleMaths

doodlemaths
doodlelearning.com

Gim yang memungkinkan pengguna untuk belajar berbagai konsep – konsep utama dari matematika. Gim pembelajaran cerdas ini didukung dengan algoritma adaptif yang  bisa disesuaikan berdasarkan kemampuan seberapa cepat pengguna selesaikan soal sekaligus kebutuhan belajarnya.

Untuk memulai bermain, pengguna hanya perlu memasukkan usia kemudia jawab soal – soal matematika terlebih dahulu. Secara otomatis kurikulum matematika disesuaikan menurut input data yang didalamnya berisi kekuatan dan kelemahan pengguna. Ada pula, pertanyaan hingga tantangan harian jika ingin belajar matematika rutin.

Math Blaster

mathblaster
gforgames.com

Gim satu ini termasuk dari satu diantara paling populer di dunia. Permainan dalam gim Math Blaster diawali dengan misi luar angkasa. Pengguna menjadi rekrutan baru dalam Akademi Blaster. Saat misi dijalankan, pengguna harus mengerahkan kemampuan matematika untuk selesaikan masalah yang jumlahnya bahkan sulit terhitung.

Pengguna didorong untuk bisa menyelesaikan tantangan dan mengasah daya ketrampilan matematika. Meski demikian, permainan gim ini tetap menyenangkan. Bahkan, pengguna juga bisa memperoleh kredit jika bisa selesaikan persamaan matermatika.

Tantangan yang lebih keras mungkin akan dihadapi apabila ketrampilan matematika dari pengguna sangat baik. Tingkatan tantangan dalam gim ini diawali dari level TK hingga SMP kelas 8. Game ini cenderung fokus terhadap latihan konsep – konsep matematika yang spesifik untuk masing – masing level.

Prodigy Math Game

prodigy math game
spreadingthelove2013.wordpress.com

Bagi orang tua yang ingin mengenalkan prinsip dasar matematika pada anak – anak, sepertinya gim ini sangat cocok untuk jadi rekomendasi. Prodigy Math Game adalah gim bersifat multi-platform gratis yang bisa mengajar 900+ ketrampilan matematika secara menarik dan menyenangkan.

Bahkan, guru pun bisa memanfaatkan gim ini untuk memantau individu dalam kelas terkait perkembangan belajar matematika secara real-time. Gim ini dilengkap dengan alat penilaian otomatis. Topik matematika yang dibahas dalam gim ini terdiri untuk SD kelas 1 hingga SMP kelas 8.

Marble Math Junior

marble math junior
winudf.com

Gim matematika berikutnya adalah Marble Math Junior, yani gim yang mempelajari pemecahan masalah menggunakan konsep matematika. Dalam gim ini, pengguna akan berlatih dan belajar mengenai bentuk, operasi artimatika dasar, membaca jam, pengurutan angka dan lain sebagainya.

Gim ini dijalankan selayaknya bermain labirin. Pengguna harus melakukan navigasi atau pentujuk arah dalam mengumpulkan jawaban sekaligus terhindar dari penghalang. Semakin level permainan meningkat, semakin sulit untuk berjalan di dalam labirin.

Jika ingin belajar dengan gim ini secara optimal, disarankan memilih fokus pada konsep matematika tertentu. Pengguna juga bisa me-rewind atau muat ulang pada tingkat yang sebelumnya terjawab salah, kemudian bisa beranjak ke soal berikutnya.

Nim

Dari ulasan beberapa gim sebelumnya, gim matematika seperti terkesan hanya untuk anak – anak saja. Namun, siapa sangka jika ada gim matematika untuk usia remaja bahkan lebih. Contohnya adalah gim matematika bernama Nim. Gim ini mengasah strateg matematika antara dua pengguna atau pemain.

Masing-masing pemain diberi 5 potongan yang tersusun dalam tumpukan – tumpukan. Satu atau lebih bagian dari tumpukan harus dihapus oleh kedua pemain. Gim ini bisa dimenangkan dengan dua cara. Satu, pemain harus bisa mengingat berapa banyak potongan dalam setiap tumpukan. Kedua, pemain harus bisa prediksi berapa sisa potongan sesudah lakukan sejumlah gerakan.

Sepintas gim ini lumayan sederhana di awal. Lama-kelamaan, tingkat kesulitannya naik drastis sampai pada akhirnya menyulitkan pemain untuk mengambil potongan bagian mana. Meski demikian, peminatnya tidak lantas surut lantaran permainnnya tidak memerlukan banyak formula.

Scroll to Top