5 Tips Bangkitkan Motivasi Belajar Usai Libur Panjang

Kembali jalani aktivitas rutin seperti biasa terkadang ada sedikit rasa rindu namun juga bosan. Begitu pula yang dirasakan oleh siswa setelah melalui libur panjang. Beberapa diantaranya mulai rindu berjumpa kawan sekolah, meski harus kembali membuka buku – buku pelajaran yang sudah berhari – hari tak tersentuh.

Semangat belajar memang rentan menurun seusai libur panjang. Kondisi ini terjadi ketika memasuki masa masuk sekolah. di hari pertama hingga hari ketiga. Ada baiknya mulai mempersiapkan hal – hal penting sebelum masuk sekolah. Karena dengan cara itulah rasa motivasi belajar bisa kembali bangkit selepas liburan.

Persiapkan Kebutuhan Sekolah di Jauh Hari

Mulai dengan persiapan yang paling sederhana dulu, seperti mengecek tugas – tugas sekolah, merapikan susunan buku, membersihkan atau menyampuli buku hingga mencuci sepatu. Dengan persiapan yang tidak mepet, maka proses mengawali pembelajaran di sekolah menjadi lebih praktis, sekaligus meningkatkan semangat belajar.

belajar setelah libur panjang
yallapromos.com

Mempertahankan Target Capaian / Prestasi

Belajar di rumah bisa kembali semangat selama masih ada tujuan yang harus dicapai. Sebagaimana setelah liburan, usahakan untuk mempertahankan prestasi belajar yang selama ini sudah diraih. Tidak ada salahnya pula untuk memasang target lebih tinggi dari sebelumnya. Selama masih ada usaha, bukan tidak mungkin kesuksesan selalu ada.

Usahakan Tidur Lebih Awal

Selama libur panjang, terkadang bangun siang menjadi rutinitas wajar. Pola kebiasaan tersebut harus dirubah apabila sudah memasuki masa kembali sekolah. Usahakan untuk tidur lebih awal atau seperti biasanya. Pola tidur yang sehat mampu meningkatkan kembali performa belajar di sekolah.

Berangkat ke Sekolah Lebih Pagi

Hari pertama masuk sekolah akan lebih berwarna bila mencoba berangkat lebih pagi. Karena beban pikiran juga terasa ringan bila sudah melewati masa – masa liburan panjang. Dengan pikiran tenang dan persiapan belajar matang, maka rasa rindu untuk memulai belajar kembali bersama teman – teman semakin bertambah.

Hindari Asumsi Belajar Kurang Efektif di Hari Pertama

Sudah menjadi fakta umum bila hari pertama masuk sekolah identik dengan proses belajar yang kurang efektif. Meski demikian, ada baiknya tetap masuk sekolah dengan persiapan seperti biasanya, karena bisa jadi masih ada hal – hal penting di luar buku pelajaran yang harus dilakukan atau dipelajari di sekolah.

Scroll to Top