7 Tempat Belajar Terbaik Hilangkan Jenuh

Dalam meningkatkan prestasi, tentu dibutuhkan proses belajar yang optimal. Banyak faktor yang menentukan optimalisasi dalam belajar, salah satunya adalah memilih tempat belajar. Tidak dapat dipungkiri bahwa gaya belajar kita selama ini juga harus diesuaikan pula dengan tempat-tempat khusus yang sekiranya mendukung. 

Dalam artikel ini, telah disajikan 7 tempat belajar yang bisa menjadi pilihan alternatif untuk tingkatkan kualitas belajar. Setiap tempat yang diulas tentu telah disesuaikan dengan gaya belajar masing-masing.

Kamar Tidur

Sudah menjadi sesuatu yang sangat umum bila kamar tidur menjadi ruang ternyaman untuk kegiatan belajar di rumah. Kamar tidur sangat cocok bagi mereka yang memiliki gaya belajar serba nyaman dengan privasi lebih terjaga. Meski demikian, singkirkan gawai atau laptop bila perlu.

Justru dengan lebih terkesan menyendiri, bisa jadi proses belajar menjadi lebih mudah terkena distraksi, seperti bermain game sejenak. Bahkan, bila terlalu nyaman di kasur bisa saja ada hasrat ingin tidur.

Pepustakaan

Dengan segala banyaknya fasilitas penunjang belajar, perpustakaan seringkali jadi pilihan terbaik untuk lakukan kegiatan belajar. Fasilitas yang tersedia dalam perpustakaan pada umumnya berupa persediaan buku lengkap, tempat belajar kelompok, ruang baca dan lain sebagainya.

Keheningan memang harus terjaga untuk ciptakan suasana belajar di perpustakaan. Inilah yang menjadi alasan mengapa kalau belajar di ruangan tersebut terkadang semakin merasa fokus dan termotivasi. Pihak perpustakaan memang memiliki aturan yang ketat dalam hal menjaga suasana belajar yang bersifat tenang dan kondusif.

Student’s Lounge

Bagi anak kuliahan, tentu tidak asing lagi dengan istilah student’s lounge. Seringkali banyak diantaranya yang menyempatkan diri untuk sekedar baca buku atau belajar serius di sekitar areanya. Karena terbuka untuk umum, tak jarang student’s lounge menjadi area paling memorable bagi mahasiswa yang belajar bersama temat sejawatnya.

Taman

Mendengar kata taman, sepintas di kepala kita terlihat rumput kehijauan dan area lapang yang tenang. Taman menjadi tempat belajar yang masuk rekomendasi karena mampu suguhkan kesejukan. Bagi mereka yang stuck karena habis akan ide baru, memilih taman bisa jadi solusi terbaik. Supaya terhindar dari keramaian, pastikan hindari belajar di taman ketika hari-hari libur.

co working space
globaldialog.ru

Co-Working Space

Banyaknya co-working space tak lain dilatarbelakangi oleh tren work and learn from anywhere. Meski dalam satu ruangan berisi beberapa orang, namun suasana co-working space tetap akan membuat suasana belajar lebih fokus dan terhindar dari distraksi.

Karena dibangun untuk kebutuhan kerja dan belajar, maka fasilitas yang disediakan pengelola juga terbilang lengkap. Setiap meja sudah disediakan dengan colokan. Hanya saja, ada standar tarif yang ditentukan sesuai dengan kelengkapan fasilitasnya. Pastikan pilih tempat yang tersendiri bila ingin belajar secara fokus.

Kedai Kopi

Bangunan kedai kopi saat ini memang tidak sekedar dirancang hanya untuk penggemar kopi saja, namun juga penghobi baca. Kedai kopi sangat cocok dijadikan tempat belajar lantaran mampu sediakan suasana nyaman, lengkap dengan suguhan cemilan dan kopi yang bisa dipesan.

Pastikan pilih kedai kopi dengan backsound atau suara musik tidak terlalu keras. Terkadang ada beberapa kedai kopi yang hanya menyalakan musik klasik untuk bantu tenangkan suasana. Tentu jika backsound terlalu keras justru akan merusak fokus belajar.

Kantin

Suka ngemil sambil baca? Kantin, bisa jadi solusi paling tepat untuk belajar santai di tempat umum. Berbagai asupan camilan atau minuman bisa dipilih untuk temani kegiatan belajar. Kantin juga bisa jadi tempat yang paling direkomendasikan apabila ingin berencana belajar bersama dengan beberapa teman.

Pilihlah kantin yang setidaknya kurang begitu ramai. Karena banyaknya orang dalam kantin seringkali mengganggu konsentrasi sekaligus komunikasi belajar kelompok. Biasanya, kantin terbaik untuk belajar memiliki tempat duduk secara berkelompok dengan meja di tengah.

f
Scroll to Top