Tips Belajar ala Hermione Granger, Santai tapi Serius

Bagi siapapun penggemar film Hollywood bertajuk “Harry Potter”, tentu sudah familiar dengan tokoh cewek bernama Hermione Granger. Kita masih ingat kalau sahabat Harry Potter berambut ikal ini dikenal mempunyai kecakapan dan kecerdasan yang luar biasa. Dalam scene film tersebut, diketahui Hermione merupakan sosok murid Sekolah Sihir Hogwarts yang tergabung pada asrama Gryffindor.

Kemampuan akademis Hermione memang menonjol. Dia mampu memahami materi pelajaran. Bahkan jika dibandingkan dengan teman sekelasnya, dia memiliki penguasaan mantra yang lebih cepat. Ingin tahu apa saja yang biasanya Hermione lakukan selama menjadi murid Hogwarts? Simak artikel di bawah ini untuk ketahui tips-nya!

Punya Hobi Baca

Ketika sedang nonton adegan tertentu dalam film Harry Potter, kita seringkali tidak sadar kalau Hermione suka bawa buku kemana pun berada. Biasanya, dia meluangkan waktu dengan baca buku sembari menunggu Harry dan Ron bertemu dengannya.

Sebagai tokoh yang memerankan perempuan cerdas dan berwawasan, dia dikenal mempunyai antusias tinggi dan cenderung aktif ketika kegiatan belajar di kelas berlangsung. Tak heran kalau Hermione sangat penasaran dan mencari tahu tentang hal-hal baru terkait dunia sihir.

Inilah yang membuat Hermione lebih pandai dalam membuat ramuan banyak mantra jika dibandingkan dengan teman terdekatnya, Harry dan Ron. Kebiasan hobi baca buku Hermione ini layak untuk ditiru supaya wawasan terus bertambah. Ada kalanya mulai sering luangkan waktu membaca 10 menit dalam sehari.

Rajin Buat Catatan Penting

Hermione tidak hanya hobi membaca, namun juga punya kebiasaan buat catatan. Tidak semua hal dicatat oleh dia, hanya yang penting-penting saja. Biasanya catatan yang telah jadi dia simpan dengan baik-baik. Mencatat sejatinya punya manfaat fundamental. Kebiasaan ini bisa mempermudah otak untuk lebih mudah serap materi, dibandingkan dengan hanya sekedar baca atau dengarkan saja. Supaya lebih mudah diingat, ada baiknya setiap catatan yang sangat penting diberi warna terang atau ikonik.

Membuat Jadwal Belajar

Kebiasaan Hermione berikutnya adalah membuat susunan jadwal belajar. Tampaknya, dia memiliki karakter serba rapi dan terstruktur. Tentu pembuatan jadwal ini dia lakukan untuk mengetahui kapan waktu untuk belajar, durasi lamanya belajar dan pelajaran apa yang diulas saat belajar.

Terus Berlatih & Berimprovisasi

Diceritakan pada satu adegan film Harry Potter, saat itu Hermione berkata kalau Harry dan Ron tidak akan mungkin bisa merapal mantra sebelum mereka bisa ayunkan tongkat sihir secara baik dan benar. Pelajaran yang bisa kita peroleh dari adegan tersebut adalah pastikan memulai belajar dengan materi paling dasar dulu, sehingga materi tersebut bisa dipahami dengan sebenarnya. Jadi, tetaplah asah kemampuan sampai pada titik bisa sepenuhnya menguasai materi!

Belajar Penting, Istirahat Perlu

Meski dikenal sebagai kutu buku dan jenius di kelas, Hermione tetaplah seperti remaja biasanya. Dia menyempatkan diri untuk istirahat dengan bercanda atau bermain bersama duo sahabatnya. Beristirahat sejenak ternyata bisa tingkatkan produktivitas belajar lho!

Terutama saat kondisi pikiran sudah mulai tidak fokus. Ketika menyempatkan diri untuk istirahat, pastikan luangkan waktu untuk hirup udara segar, sedikit olahraga ringan atau bisa juga tidur selama 1 hingga 2 jam lamanya.

Scroll to Top