Tips Lancar Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

Sudah menjadi umum apabila bahasa Inggris telah ditetapkan sebagai bahasa internasional. Ini dikarenakan pengguna bahasa tersebut merupakan terbanyak di dunia. Bahasa Inggris menjadi bagian terpenting pula dalam penyelenggaran pendidikan, khususnya bagi para mahasiswa yang menempuh strata dua dan tiga.

Saking berpengaruhnya, bahkan bahasa Inggris sulit terpisahkan dari kegiatan komunikasi di lingkungan sekitar. Dengan memahami pemanfaatan bahasa Inggris, maka bisa dipahami bahwa menguasai bahasa Inggris juga dinilai penting.

Bagi pemula yang ingin lancar bahasa Inggris tentu harus melalui proses panjang terlebih dahulu. Namun dalam artikel ini, akan diulas tips lancar belajar bahasa Inggris bagi pemula yang cukup efektif untuk diterapkan.

Gunakan Takarir Bahasa Inggris

Dunia barat selalu menyediakan hiburan film berkualitas dan sangat menyenangkan. Meski hanya sekadar hiburan, namun ada manfaat lain yang bisa diambil dengan menonton film. Selain menambahkan takarir atau subtitle bahasa Indonesia, ada baiknya atur setting media pemutaran dengan menambahkan takarir bahasa Inggris di bagian atas.

Jadi, dua takarir tersebut bisa menjadi bahan untuk memperbanyak kosakata sekaligus mengasah analisa terhadap gramatikal yang digunakan oleh native sesuai dengan konteks kejadian. Jika cara ini terkesan ribet dan membingungkan, tentu masih ada cara lain yang bisa dimanfaatkan sebagai saran belajar bahasa Inggris.

Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

Tidak hanya film, dunia barat juga dikenal memiliki segudang musisi papan atas dengan lagu bernada enak didengar. Belajar bahasa Inggris lewat lagu memang sedikit lebih mudah untuk daripada menonton film. Mulailah mencoba belajar bahasa Inggris melalui lagu pelan dan liriknya sangat mudah dipahami, seperti Westlife salah satunya.

Bermain Gim Bahasa Inggris

Bagi peminat bahasa Inggris dengan usia masih mudah, cara ini memang cukup relevan. Ya, bermain gim sambil belajar bahasa Inggris. Seperti diketahui bahwa bahasa yang digunakan dalam layar tatap muka adalah bahasa Inggris. Artinya, bila tidak mengerti bahasa Inggris, maka sulit untuk bermain gim dengan baik dan benar.

Jika menemukan kata atau kalimat bahasa Inggris yang rumit, segeralah membuka aplikasi kamus di smartphone. Adapun untuk gim daring atau online dengan jangkauan internasional, komunikasi dengan orang asing tentu sangat layak untuk dicoba.

cara belajar bahasa inggris untuk pemula
businesstoday.com.tw

Ubah Setelan Bahasa Smartphone

Mungkin sebagian besar dari kita masih terbiasa menyetel bahasa Indonesia sebagai bahasa utama dalam mengoperasikannya. Namun, bagaimana bila setelah tersebut dirubah menjadi bahasa Inggris? Jelas, ini menjadi tantangan tersendiri bagi yang belum terbiasa. 

Melalui smartphone dengan user-interface bahasa Inggris, setidaknya menjadi sebuah kebiasaan baru untuk lebih mematangkan perbendaharaan kosakata bahasa Inggris. Sehingga bila dihadapkan dengan gawai atau alat baru dengan setelan bawaan bahasa Inggris, maka tidak lagi ada rasa canggung untuk mengoperasikannya.

Berbicara Bahasa Inggris Dalam Hati

Cara terakhir sangat cocok bagi siapapun yang sudah memiliki banyak kosakata dan pengusaan gramatikal, namun kurang percaya diri untuk tampil bicara di hadapan umum. Berbicara bahasa Inggris dalam hati menjadi solusi untuk mengumpulkan rasa percaya diri sebelum menerapkan kemampuan bahasa Inggris dengan baik dan bisa dipahami oleh orang lain. Jika cara ini terasa membosankan, mungkin sudah saatnya untuk mencari relasi baru untuk bisa diajak bicara bahasa Inggris.

Demikian tips lancar belajar bahasa Inggris untuk pemula, semoga ada banyak manfaat sekaligus inspirasi baru mengenai pembelajaran bahasa Inggris yang disesuaikan dengan kemampuan atau kebutuhan belajar.  

Scroll to Top