Tips Belajar Efektif Jelang Ujian Matematika

Seringkali sebelum hadapi ujian matematika, persiapan belajar harus diupayakan secara maksimal. Bahkan tak peduli hingga larut malam. Anehnya, kesulitan menjawab soal masih dialami saat langsung berhadapan langsung dengan lembaran ujian. Jika banyak yang sulit terjawab, mau tak mau harus dapat nilai buruk.

Belajar tidak belajar pun jadi tidak ada bedanya bila akhirnya berujung remidi. Pernah ngga sih ngalamin hal sefrustasi itu? Jika iya, mungkin ada yang perlu diperbaiki dengan cara belajar matematika selama ini. 

Tidak bisa dipungkiri jika matematika menjadi mata pelajaran yang paling banyak ditakuti. Karena didalamnya banyak rumus yang betul – betul harus bisa dikuasai. Tidak cukup hanya dengan jenis belajar sehari semalam. Setidaknya perlu cara kusus untuk meningkatkan kualitas belajar matematika.

Perlu waktu untuk bisa memahami setiap bab atau materi pada pelajaran matematika. Oleh karena itu, siswa yang hendak ujian di pekan atau bulan berikutnya harus mulai mencicil belajar sejak jauh – jauh hari. Sebagaimana dalam artikel berikut ini, disediakan tips bagaimana mempersiapkan cara terbaik belajar matematika jelang ujian. Simak ulasannya berikut!

Banyak Berlatih Soal – soal

Karakteristik dan cara penyelesaian masing – masing soal latihan tentu berbeda. Dengan sering melatih atau mengerjakan soal, maka daya berlogika dan analisa semakin kuat seiring banyaknya soal matematika yang bisa dipecahkan. 

Intinya, belajar matematika memerlukan praktek. Sering berlatih kerjakan soal matematika juga secara tidak langsung bisa permudah proses ingatan terhadap rumus – rumus. Hal ini bisa dimulai dengan mengerjakan 5 hingga 20 soal saja dengan rumus yang sama.

Belajar dari Kesalahan

Dalam mengatasi jawaban yang terus – menerus salah, ada baiknya untuk tidak terlalu menyesali tapi segera cari solusi. Tetap semangat dan jangan menyerah. Karena sejatinya matematika adalah sebuah proses, bukan mata pelajaran yang serba cepat dan instan.

Pahami letak kesalahanmu dengan baik, kemudian perlahan temukan solusinya. Jika masih belum maksimal, tidak mengapa untuk segera mempercayakan tutor les privat matematika. Dengan demikian, proses pembelajaran berjalan intensif. Bahkan tidak lagi terasa rumit seperti biasanya.

Menguasai Konsep

Jika selama ini belajar hanya dengan modal menghafal, sebaiknya mulai diperbaiki mulai dari sekarang. Matematika perlu pemahaman konsep terhadap rumus. Hindari cari ‘jawaban instan’ hanya bermodal melihat soal. Karena jika soal sudah diotak – atik, pasti sangat sulit sekali untuk menebak jawaban yang benar.

Pahami kembali rumus yang sudah dipelajari. Pada dasarnya, mata pelajaran matematika tersaji mulai dari urutan paling sederhana hingga paling kompleks (rumit). Pemahaman konsep rumus yang kuat adalah bekal atau kunci utama untuk beranjak ke materi matematika dengan tingkatan lebih sulit lagi.

belajar persiapan ujian matematika
pexels.com

Tetap Berlatih Kerjakan Soal Meski Sulit

Rasa bingung saat belajar matematika biasanya terjadi saat menyelesaikan soal – soal yang terkesan sulit. Saking sulitnya, bahkan soal itu langsung dilewatkan begitu saja, kemudian beralih ke soal selanjutnya.

Jika masih terbiasa dengan hal semacam itu, sudah sepatunya harus mulai dikurangi. Cobalah selesaikan perlahan dan pahami dengan betul bagaimana proses penyelesaiannya.ย Ajaklah teman untuk belajar bersama. Sehingga ada diskusi dan tukar ide mengenai soal – soal sulit.

Temukan Ruang Belajar yang Nyaman

Dibandingkan dengan mata pelajaran lain, matematika memang menguras daya konsentrasi lebih tinggi. Pastikan untuk belajar mata pelajaran tersebut pada ruang yang nyaman dan bebas distraksi.

Tidak ada salahnya menyetel musik ringan untuk sedikit menghilangkan rasa bosan saat belajar. Suasana ruang yang santai dan fokus cenderung memperlancar masuknya arus informasi masuk ke otak. Belajar pun kian terasa efektif.

Buat Kosakata Matematika

Matematika dinilai sebagai mata pelajaran yang sangat kompeks, saking banyaknya rumus. Oleh karena itu, siasati kompleksitas tersebut dengan membuat catatan khusus. Isinya berupa definisi dan rumus yang nantinya bakal diuji jelang ujian. Bisa juga dengan menambahkan contoh soal beserta cara penyelesaiannya supaya lebih paham.

Terapkan Matematika pada Kegiatan Sehari – hari

Tak dapat dipungkiri bila matematika menyimpan rumus – rumus yang terkesan abstrak. Bahkan sampai tidak lagi apa kegunaan dari rumus tersebut. Tapi siapa sangka bila dari sekian rumus tersebut bisa selesaikan permasalahan manusia sehari – hari.

Contoh paling mudah yakni rumus menghitung diskon harga barang, mengkalkulasi luas dan volumen suatu bangunan dan lain sebagainya. Dengan mengamati penggunaan rumus – rumus matematika, maka cara berpikir pun berubah.

Demikian ulasan tips jelang hadapi ujian matematika, semoga poin – poin diatas bisa menjadi solusi ringan bagi para siswa maupun mahasiswa untuk mempersiapkan proses belajar lebih baik lagi. Tetap tenang dan hindari rasa grogi yang berlebihan. Selama bekal persiapan belajar kuat, bukan tidak mungkin hasil terbaik yang nantinya diperoleh.

Scroll to Top