tips belajar efektif ala maudy ayunda

Tips Belajar ala Maudy Ayunda

Maudy Ayunda tidak hanya tercatat sebagai aktris sukses tanah air dalam berkarier. Bahkan, Maudy Ayunda adalah sosok yang sukses dalam meneruskan jenjang studinya.

Bagaimana tidak? Pemilik nama asli Ayunda Faza Maudya adalah lulusan Oxford University yang pernah diterima oleh dua universitas terbaik di dunia saat melanjutkan pendidikan S2, diantaranya yaitu Harvard Universitiy dan Stanford University.

Ia pun memlilih Stanford University untuk melanjutkan studi pasca sarjana atau S2, dan kini ia telah lulus dengan meraih gelar ganda untuk jurusan bisnis (M.B.A) dan pendidikan (M.A).

Cara belajar yang tepat adalah latar belajang mengapa Maudy Ayunda memiliki kisah sukses dalam melanjutkan studinya. Sebagaimana dalam wawancara bersama Najwa Shihab, ia menuturkan bahwa hobi belajar ditanamkan sejak kecil. Sebab ayahnya, Didit Jasmedi R. Irawan, sering membawa oleh-oleh berupa buku belajar sepulang dari luar negeri.

Disamping itu, sejak kecil Maudy Ayunda juga dilatih oleh Ibunya, Muren Murdjoko, untuk berani ambil kepututsan dan berpikir kritis. Tidak heran bila Maudy Ayunda mampu tumbuh sebagai anak berprestasi dan menjadi kebanggaan orang tua.

Berikut tips belajar efektif yang selama ini Maudy Ayunda terapkan, biar kamu juga bisa lebih berprestasi.

Menjadi Pribadi Kutu Buku

Dari kecil hingga dewasa, Maudy Ayunda pribadi yang bersababat dengan buku. Menurutnya membaca buku adalah kunci untuk mampu menambah wawasan, meningkatkan ilmu pengetahuan, berpikir luas dan terbuka.

Paham Konsep

Cara belajar efektif yang kedua adalah memahami konsep. Memahami konsep adalah salah satu cara agar materi yang dipelajari menjadi lebih mudah diingat.

Mengevaluasi Hasil Belajar

Dalam proses belajar, tentu ada materi tertentu yang dianggap sulit. Begitu pula yang dialami oleh Maudy Ayunda, biasanya ia akan fokus dengan belajar secara berulang kali sampai benar-benar bisa dipahami. Bagi dirinya, cara belajar ini dinilai cukup efektif. Adapun ia juga melalukan evaluasi untuk mengukur hasil belajar ketika ujian selesai.

Membuat Catatan

Rajin menulis dan membuat catatan adalah cara efektif belajar keempat yang dilakukan oleh Maudy Ayunda. Bagi dirinya, catatan berisi poin-poin penting seputar materi yang akan dipelajari adalah cara agar bisa lebih paham.

Study – Life Balance

Dalam rutinitas harian belajar, istirahat juga harus diperlukan, salah satunya adalah dengan menyalurkan hobi sebagai bentuk merefresh kembali isi otak. Menurut Maudy Ayunda, keseimbangan antara akademis dan kehidupan pribadi adalah hal penting agar pikiran lebih rileks sehingga kembali dalam kondisi yang fit dan semangat untuk belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to Top