Tips Belajar ala Jerome Polin, Biar Ngga Gampang Bosan!

Siapapun itu, baik pelajar atau mahasiswa, tentu tidak lepas dari kata “belajar”. Sebagaimana pada pengertian belajar didefinisikan sebagai proses atau upaya yang dilakukan individu untuk meningkatkan kapasitas atau manfaat diri. Dalam proses belajar, tentu adakalanya merasa jenuh atau bosan.

Untuk mensiasati hal tersebut, sebuah tips belajar ala Jerome Polin bisa kamu praktekkan agar lebih semangat belajar. Jerome Polin membagikan tips-nya tersebut melalui channel Youtube pribadi-nya, dan telah ditonton lebih dari ratusan viewers.
Bahkan, akun resmi instagram Dinas Pendidikan Jawa Barat (@disdikjabar) me-repost tips belajar Jerome Polin tersebut dalam bentuk infografis. Mau tahu seperti apa? Berikut ulasannya.

Awali dan Akhiri Kegiatan Belajar dengan Berdoa

Dalam mengawali aktivitas belajar, pastikan kamu berdo’a terlebih dahulu. Mintalah petunjuk dan kemudahan agar materi yang kamu pelajari memudahkanmu untuk mencapai target belajar yang diharapkan.
Begitu pula setelah belajar, biasakan untuk berdo’a sehingga materi atau yang telah kamu pelajari akan bermanfaat dan diberkahi untuk hari ini dan di masa yang akan datang.

Belajar dengan Metode 50:10

Jadwal belajar Jerome Polin memang sangat padat, agar tidak lelah ia menerapkan metode 50:10. Apa itu? Yaitu sebuah metode dimana 50 menit untuk belajar dan 10 menit untuk istirahat.
Selain mencegah rasa lelah, metode belajar tersebut merupakan cara efektif dalam menanggulangi stress. Belajar dengan durasi lama justru mengakibatkan otak tidak mampu bekerja dengan baik, sehingga pelajaran yang terserap hanya sedikit. Pastikan buat sedikit jeda sebelum lanjut belajar.

Pasang Target Belajar

Belajar akan lebih terarah dan fokus apabila sudah dibuat target terlebih dahulu. Kamu bisa memulai target belajar dimulai dari sejauh mana materi yang kamu pelajari dan berapa banyak soal yang akan diselesaikan. Jika target belajar tercapai, bukan tidak mungkin nilai juga akan semakin membaik, sehingga meningkatkan semangat belajar.

Sistem Reward and Punishment

Mendapatkan reward atau hadiah kepada diri sendiri memang sah-sah saja selama target belajar atau nilai ujian memuaskan telah diraih. Namun, bila belum target belajar atau target nilai yang diraih jauh dari yang sudah direncanakan, maka memberi hukuman kecil kepada diri sendiri juga menjadi peringatan untuk introspeksi diri. Sistem belajar Reward and Punishment juga dipercaya dapat melatih diri kita menjadi pribadi disiplin.

Menggali Berbagai Sumber Materi Pelajaran

Mempelajari suatu materi memang tidak selalu terpaku pada satu sumber saja. Sebab, seiring pesatnya kemajuan teknologi, maka materi pembelajaran dapat diakses sangat mudah. Kamu bisa searching apapun dengan menggunakan gawai, seperti laptop, handphone atau gadget.

Cari Suasana Belajar Baru

Selain dianggap sebagai sumber materi pelajaran yang kredibel, mendatangi perpustakaan juga bisa kamu pilih untuk mencari suasana baru belajar. Sumber materi pelajaran yang lebih kredibel adalah mendatangi perpusatakaan. Sebab disanalah buku-buku yang berisi wawasan pengetahuan secara lebih detail benar-benar bisa kamu dapatkan. 

Cari Komunitas atau Kelompok Belajar

Untuk kamu yang suka dengan suasana ramai, membentuk kelompok belajar yang ‘satu frekuensi’ adalah cara mudah biar semakin giat belajar. Kamu bisa undang teman sekelas, kakak kelas atau siapapun yang nyaman untuk bisa diajak diskusi. Selain agenda belajar rutin, sesekali buatlah agenda untuk refreshing sekedar untuk rilekskan pikiran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to Top