Pengertian Sejarah, Ruang Lingkup & Manfaatnya

Sejarah, sebagai suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari peristiwa masa lalu, memiliki peran yang tak terbantahkan dalam membentuk pemahaman kita terhadap perjalanan manusia. Artikel ini akan menyelami aspek-aspek kunci sejarah, mulai dari pengertian umum, pandangan para ahli, hingga ruang lingkup, unsur, dan manfaatnya bagi kehidupan manusia.

Pengertian Sejarah

Untuk memahami sejarah, pertama-tama kita perlu menggali pengertian umum dari kata tersebut. Sejarah, secara etimologis, berasal dari Bahasa Arab “Syajaratun,” yang artinya pohon. Dalam Bahasa Arab, sejarah juga disebut sebagai Tarikh. Konsep pohon mencerminkan percabangan genealogis satu kelompok keluarga, menggambarkan kompleksitas hubungan antara peristiwa-peristiwa dalam suatu masyarakat.

Dalam Bahasa Yunani, sejarah berasal dari kata “istoria,” yang mengandung makna belajar melalui pertanyaan. Istoria menjadi dasar istilah sejarah yang berkembang menjadi ilmu kajian dan pembelajaran kronologis. Di Bahasa Indonesia, istilah “sejarah” berkaitan erat dengan silsilah atau keturunan, membentuk gambaran tentang hubungan antar-generasi.

Namun, sejarah tidak hanya terbatas pada satu pengertian. H. Wals menyatakan bahwa sejarah adalah catatan tindakan dan pengalaman manusia di masa lampau, menjadi cerita berarti dalam kehidupan manusia. Pendapat ini mencerminkan kepentingan manusia terhadap pengalaman dan pembelajaran dari peristiwa-peristiwa sebelumnya.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Pendapat para ahli memberikan dimensi yang lebih kaya terkait dengan pengertian sejarah:

  • H. Wals
    Sejarah adalah catatan penting tentang tindakan dan pengalaman manusia di masa lampau, memberikan cerita berharga dalam kehidupan manusia.

  • J.V. Bryce
    Sejarah adalah catatan yang berisikan pikiran, perkataan, dan hal penting lain yang dilakukan manusia di masa lalu.

  • W.J.S Poerwadarmint
    Sejarah mencakup kesusastraan lama, silsilah, dan asal usul, menjadi kajian ilmu pengetahuan dan pembelajaran.

  • Norman E. Cantor
    Sejarah adalah pembelajaran atau studi tentang apa yang telah dilakukan, dipikirkan, dan dikatakan manusia di masa lalu.

  • Moh. Ali
    Sejarah adalah cerita perubahan dan peristiwa nyata di sekitar kita, menjadi kajian ilmu yang dapat diselidiki.

  • Patrick Gardiner
    Sejarah adalah kajian ilmu yang digunakan untuk mempelajari apa yang telah dilakukan oleh manusia pada masa lalu.

  • Ibnu Khaldun
    Menyatakan bahwa sejarah dapat dipahami dari sisi luar (rekaman proses dan pergantian kekuasaan) dan sisi dalam (kajian studi yang membutuhkan penalaran kritis).

  • Edward Hallet Carr
    Sejarah adalah proses interaksi antara sejarawan dengan fakta, melibatkan dialog di masa lalu dan masa sekarang, dengan penekanan pada kesinambungan dan kontinuitas antar masa.

  • Roeslan Abdulgani
    Sejarah adalah cabang ilmu pengetahuan yang melibatkan penelitian dan penyelidikan sistematis terhadap perkembangan masyarakat dan kemanusiaan di masa lalu.

Ruang Lingkup Sejarah

Ruang lingkup sejarah mencakup empat aspek utama: sebagai ilmu, peristiwa, kisah, dan seni.

  • Sejarah Sebagai Ilmu
    Sejarah sebagai ilmu menekankan pendekatan ilmiah. Dalam ruang lingkup ini, sejarah dipandang sebagai objek yang dibahas secara objektif menggunakan data dan sumber yang telah tervalidasi. Ciri-ciri ruang lingkup ini melibatkan sifat empiris, adanya objek yang dibahas, teori yang jelas, metode ilmiah, dan generalisasi atau kesimpulan dari peristiwa. Contoh dari ruang lingkup ini termasuk penelitian fosil, arka, artefak, dan penemuan lain yang mendukung studi ilmiah sejarah.

  • Sejarah Sebagai Peristiwa
    Ruang lingkup ini berkaitan dengan kejadian nyata dan penting dalam suatu konteks waktu tertentu. Peristiwa sejarah memiliki sifat abadi, hanya terjadi sekali, memberikan pengaruh yang terlihat, dan memiliki arti penting. Contoh termasuk hari Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 atau berdirinya PBB.

  • Sejarah Sebagai Kisah
    Sejarah sebagai kisah merujuk pada penulisan fakta sejarah oleh orang-orang yang mengumpulkan ide dengan bahan sejarah yang ada. Cerita sejarah dapat disajikan melalui narasi ingatan, baik secara lisan maupun tertulis. Setiap cerita memiliki sudut pandang yang berbeda, tergantung pada siapa yang menulisnya.

  • Sejarah Sebagai Seni
    Ruang lingkup ini menyoroti esensi seni dalam penulisan dan penyampaian sejarah. Sejarah dituangkan dalam bentuk puisi, drama, musik, atau lukisan dengan nilai estetik yang tinggi.

Unsur Sejarah

Untuk memahami sejarah secara menyeluruh, kita perlu menyoroti unsur-unsur penting yang membentuk kerangka kajian sejarah.

  • Manusia
    Manusia merupakan unsur utama dalam sejarah. Peran manusia sebagai aktor utama menentukan jalannya peristiwa sejarah. Sejarah sebenarnya diciptakan untuk manusia, dan tindakan serta kehidupan manusia menjadi fokus utama.

  • Waktu
    Unsur waktu menjadi dimensi kronologis yang memberikan batasan pada peristiwa sejarah. Sejarah mencakup masa lalu, masa sekarang, dan masa depan, memisahkan peristiwa berdasarkan kurun waktu tertentu.

  • Ruang
    Ruang atau tempat menunjukkan aspek geografis suatu peristiwa sejarah. Lokasi tempat peristiwa berlangsung memudahkan pemahaman pembaca terhadap konteks sejarah.

  • Kausalitas
    Kausalitas melibatkan hubungan sebab-akibat dalam sejarah. Deskriptif, sejarah menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, dan bagaimana, memicu ketertarikan pada peristiwa tertentu.

Manfaat Sejarah

Keberadaan sejarah tidak hanya memberikan wawasan tentang masa lalu tetapi juga memberikan manfaat konkret bagi kehidupan manusia.

  • Sebagai Peneguh Hati
    Sejarah dapat menjadi peneguh hati, memberikan ketenangan dan keteguhan dalam menjalani kehidupan. Memahami perjalanan manusia dalam konteks sejarah dapat memberikan perspektif yang lebih dalam.

  • Berguna Untuk Pengajaran
    Sejarah adalah sumber pengajaran. Pengalaman dan keputusan di masa lalu dapat dijadikan pertimbangan dalam mengambil keputusan di masa depan. Sejarah memberikan pandangan yang berharga bagi mereka yang ingin belajar dari pengalaman orang-orang sebelumnya.

  • Sejarah Sebagai Peringatan
    Sejarah memperingatkan kita tentang peristiwa-peristiwa penting yang telah terjadi. Baik yang bersifat positif maupun negatif, peristiwa masa lalu menjadi sinyal pengingat dalam situasi tertentu.

  • Sebagai Sumber Kebenaran
    Sejarah menyediakan bukti dan kebenaran. Manusia membutuhkan kebenaran untuk menjalani kehidupan, dan sejarah memberikan wawasan tentang apa yang diperlukan untuk bertahan hidup.

  • Memberikan Manfaat Bagi Masa Depan
    Sejarah bukan hanya informasi tetapi juga sumber inspirasi. Pengalaman masa lalu dapat menjadi instruksi untuk membentuk masa depan. Sejarah mengajarkan kita bagaimana menghadapi tantangan dan membangun dunia yang lebih baik.

Kesimpulan

Sejarah, sebagai penelitian dan pemahaman terhadap perjalanan manusia, memiliki dampak yang mendalam pada kehidupan kita. Dengan menggali pengertian, ruang lingkup, unsur, dan manfaatnya, kita dapat membentuk perspektif yang lebih kaya dan mendalam terhadap makna sejarah. Memahami sejarah adalah kunci untuk menghargai perjalanan panjang manusia dalam ruang dan waktu.

Belajar Sejarah jadi lebih asyik dan gampang bareng tutor keren dari Executive Education. Les privat Sejarah ini bener-bener bikin kamu enjoy dengan waktu belajar yang bisa disesuaikan sama kesibukanmu. Materi lengkap, jadi semua bab Sejarah bakal terasa ringan. Mulai dari peristiwa bersejarah hingga tokoh-tokoh penting, semuanya akan dibahas dengan santai dan menyenangkan.

Scroll to Top