Pengertian Prosa, Ciri-Ciri, Jenis & Contoh

Prosa merupakan salah satu bentuk karya sastra yang memiliki banyak jenis dan sering ditemukan dalam berbagai teks bacaan, mulai dari majalah hingga novel. Dalam buku Ensiklopedi Bahasa dan Sastra: Macam-Macam Karya Sastra Modern (2020), prosa didefinisikan sebagai karangan bebas yang tidak mengandung unsur ritme, rima, atau tata korespondensi seperti puisi.

Artikel ini akan menguraikan pengertian prosa, ciri-ciri yang membedakannya dari karya sastra lain, jenis-jenis prosa, dan memberikan contoh-contoh prosa lama dan baru.

Pengertian Prosa

Pengertian prosa mencerminkan sifat bebasnya. Prosa adalah karya sastra yang bersifat fiksi atau cerita rekaan, dan bentuk ceritanya mempunyai alur serta tokoh yang muncul dari hasil imajinasi pengarang. Berbeda dengan puisi yang memiliki aturan tertentu dalam penggunaan ritme dan rima, prosa memberikan kebebasan ekspresi tanpa batasan formal tersebut.

Baca juga: Pengertian Puisi, Jenis & Contohnya

Ciri-ciri Prosa

Prosa memiliki ciri tersendiri yang membedakannya dengan karya sastra lainnya. Beberapa ciri khas prosa antara lain:

  • Bentuk Bebas
    Prosa memiliki bentuk bebas, dan rangkaian kalimatnya membentuk paragraf, mirip dengan hikayat atau dongeng. Hal ini memberikan fleksibilitas pada pengarang untuk menyampaikan ceritanya tanpa terikat oleh aturan formal tertentu.

  • Tema dan Alur Cerita
    Seperti karya tulisan pada umumnya, prosa memiliki tema untuk menentukan alur cerita. Tema ini dapat bervariasi mulai dari cerita romantis, petualangan, hingga cerita psikologis yang mendalam.

  • Bahasa yang Digunakan
    Pengarang dapat menggunakan bahasa Indonesia, Melayu, atau bahasa asing lainnya dalam menulis prosa. Kebebasan dalam pemilihan bahasa ini memberikan warna dan nuansa tersendiri pada setiap karya.

  • Unsur dalam Cerita
    Dalam prosa, terdapat tokoh-tokoh yang menjadi pemeran utama cerita, latar tempat di mana cerita berlangsung, urutan peristiwa yang membentuk alur cerita, dan amanat yang ingin disampaikan oleh pengarang kepada pembaca.

  • Perkembangan Zaman
    Prosa senantiasa mengikuti perkembangan zaman. Meskipun tetap memegang nilai-nilai klasik, pengarang proso biasanya mampu menyelaraskan ceritanya dengan realitas sosial dan budaya pada zamannya.

  • Penyebutan Pengarang
    Setiap hasil karya prosa biasanya menampilkan nama pengarang. Namun, ada juga karya prosa yang mungkin tidak dipublikasikan dengan nama pengarangnya.

Baca juga: Ciri-ciri & Contoh Pantun

Jenis-jenis Prosa

Pengembangan prosa sejalan dengan perkembangan zaman, sehingga terbagi menjadi dua jenis utama: prosa lama dan prosa baru.

Prosa Lama

Karya sastra prosa lama tidak terpengaruh oleh sastra budaya barat. Beberapa jenis prosa lama antara lain:

  • Dongeng
    Termasuk sage, mitos, fabel, dan legenda. Cerita-cerita ini seringkali mengandung nilai-nilai moral dan hikmah.

  • Cerita Rakyat
    Merupakan dongeng atau kisah yang berkembang dan hidup di masyarakat pada masa lalu. Cerita-cerita ini sering menjadi bagian dari warisan budaya.

  • Riwayat
    Berisi tentang riwayat atau kisah hidup seseorang. Contohnya adalah riwayat Nabi atau tokoh-tokoh bersejarah lainnya.

  • Hikayat
    Cerita tentang kisah pangeran, dewa-dewi, putra-putri kerajaan, dan elemen-elemen fantasi lainnya. Hikayat sering kali menampilkan nuansa magis dan keajaiban.

  • Sejarah atau Tiambo
    Isi ceritanya diambil dari suatu peristiwa yang pernah terjadi. Prosa jenis ini membawa pembaca untuk mengenal lebih dekat dengan sejarah suatu daerah atau budaya.

Prosa Baru

Prosa baru, seiring dengan pengaruh sastra dari budaya luar, mencakup berbagai genre yang lebih modern. Beberapa jenis prosa baru meliputi:

  • Cerpen (Cerita Pendek)
    Berbentuk naratif pendek dengan fokus pada satu konflik atau tema tertentu.

  • Roman
    Cerita mendalam tentang kehidupan manusia yang ditulis secara mendetail, sering kali mencakup perjalanan karakter utama.

  • Novel
    Karangan imajinatif yang membahas problematika kehidupan manusia dalam skala yang lebih besar. Novel memiliki kebebasan lebih dalam pengembangan karakter dan plot.

  • Novelet
    Cerita yang lebih panjang dari cerpen namun lebih pendek dibandingkan novel. Novelet seringkali fokus pada satu peristiwa atau konflik utama.

  • Otobiografi
    Karya tulis yang berisi tentang pengalaman pribadi dan perjalanan hidup pengarang itu sendiri.

  • Biografi
    Kisah atau cerita pengalaman hidup seseorang, seringkali ditulis oleh penulis lain yang mempelajari kehidupan subjek biografi.

  • Esai
    Karya tulis yang berisi argumen permasalahan terhadap suatu hal dan disertai fakta di dalamnya. Esai dapat mencakup berbagai topik dan sudut pandang.

  • Kritik
    Bentuk penilaian terhadap suatu karya secara seimbang, baik dari sisi kelemahan atau kelebihannya. Kritik ini biasanya ditulis oleh ahli dalam bidang tertentu dan menekankan pada fakta objektif.

Program les privat Bahasa Indonesia dari lembaga Executive-Education.id hadir dengan menawarkan garansi report card. Biayanya lebih murah, hemat budget dengan kualitas terbaik. Les privat offline & online yang fleksibel, kamu bisa belajar Bahasa Indonesia dari mana pun tanpa harus macet di jalan. Materi lengkap, dari teknik penulisan sampe keindahan prosa, semuanya disampaikan dengan bahasa yang gampang dimengerti.

Contoh Prosa

Mari kita peroleh wawasan mendalam tentang prosa dengan melihat dua contoh karya yang mencakup kedua jenis, prosa lama dan prosa baru.

Prosa Lama

Cerita Hikayat Jaka Tarub

Malam itu, Jaka Tarub, yang sedang menjaga ladang pamannya, merasa kehausan. Ia pun berniat mencari sungai untuk minum. Saat hendak mengambil air di sungai, ia melihat tujuh bidadari yang sedang mandi, melepaskan selendang mereka.

Terpesona, Jaka Tarub tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mengambil selendang tersebut. Ternyata, selendang yang diambilnya adalah milik bidadari bungsu bernama Nawangwulan.

Ketika para bidadari hendak kembali ke kayangan, Nawangwulan masih belum menemukan selendangnya. Jaka Tarub melihat Nawangwulan menangis dan menawarkan agar sang bidadari tinggal di rumahnya.

Mereka tinggal satu rumah dan sering bertemu, akhirnya Jaka Tarub dan Nawangwulan jatuh cinta dan menikah. Namun, Jaka Tarub yang gemar berjudi jarang pulang, membuat Nawangwulan sedih. Bahkan, suaminya enggan mendengarkan nasihat dari istrinya.

Suatu hari, Nawangwulan mencari barang dan tanpa sengaja menemukan selendang yang disembunyikan oleh Jaka Tarub. Ia menyuruh seseorang untuk meminta Jaka Tarub pulang jika ingin bertemu dengannya.

Setelah menunggu cukup lama, Jaka Tarub tak kunjung datang. Nawangwulan akhirnya memutuskan untuk kembali ke kayangan tanpa memberitahu suaminya. Saat Jaka Tarub mengetahui bahwa istrinya pergi, ia merasa menyesal dan bersedih.

Prosa Baru

Novel Dollagoot Karya Lee Mi Ye

Ada suatu kampung yang bisa dijelajahi ketika kita sedang tertidur atau disebut sebagai desa mimpi. Dalam kampung ini, suasana kehidupannya mirip dengan dunia nyata karena terdapat rumah, jalan raya, restoran, hutan, dan bahkan pertokoan.

Dalam kampung tersebut, terdapat satu toko yang bernama Dollagoot. Toko ini memiliki bentuk serupa dengan department store, dan struktur bangunannya terdiri dari beberapa lantai. Hal yang membuat toko ini unik dibandingkan dengan yang lain adalah fokusnya yang hanya menjual berbagai jenis mimpi.

Setiap lantai toko Dollagoot menyajikan beragam jenis mimpi dengan tema yang berbeda-beda, dan selalu dihadiri oleh pengunjung dari berbagai latar belakang, termasuk manusia dan binatang.

Pengunjung toko Dollagoot datang dari berbagai latar belakang, mulai dari tidur siang, tidur singkat, hingga tidur panjang pada malam hari.

Sementara beberapa contoh tema mimpi di toko ini mencakup impian masa kecil, mimpi bermain, mimpi menikmati makanan lezat, peristiwa misterius, dan berbagai jenis mimpi lainnya.

Setiap lantai toko Dollagoot memiliki berbagai tema mimpi, menciptakan suasana yang bisa berbeda-beda. Beberapa tema dapat terasa menyeramkan, menyenangkan, atau bahkan membingungkan.

Keunikan lainnya adalah di salah satu lantai toko Dollagoot, terdapat penjualan mimpi-mimpi yang sudah kedaluwarsa, yang dijual dengan harga lebih murah karena diobral.

Pendiri toko Dollagoot adalah kakek Dollagoot, seorang yang terkenal bijaksana. Toko Dollagoot merupakan warisan turun-temurun dari leluhur kakek Dollagoot.

Satu hal yang tak kalah menarik dari toko Dollagoot adalah keberadaan acara penghargaan untuk mimpi-mimpi terbaik, yang diadakan setiap tahun.

Kesimpulan

Di atas telah dibahas secara rinci pengertian, ciri-ciri, jenis, dan memberikan contoh-contoh prosa, baik yang termasuk dalam kategori prosa lama maupun prosa baru. Prosa sebagai bentuk karya sastra memberikan kebebasan kepada pengarang untuk mengekspresikan ide dan imajinasi mereka tanpa terikat oleh aturan formal tertentu. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang dunia prosa dalam sastra.

Scroll to Top