Pengertian Makhluk Hidup, Ciri-ciri & Contohnya

Makhluk hidup adalah bagian integral dari dunia yang kita tempati. Dari manusia hingga tumbuhan, hewan, dan makhluk bersel satu, keberagaman makhluk hidup menghiasi kehidupan di bumi ini. Namun, apa sebenarnya yang membedakan mereka dari benda mati? Mari kita telusuri lebih dalam tentang pengertian makhluk hidup, ciri-cirinya, serta beberapa contohnya.

Pengertian Makhluk Hidup

Kita mengenal makhluk hidup dengan ciri-ciri kehidupan yang mereka tunjukkan. Mereka bernapas, bergerak, dan mampu berkembang biak. Ketika kita melihat sebatang pohon jambu yang berbuah, burung yang menari di langit, ikan yang menyusuri dasar danau, atau manusia yang bernapas dan berjalan, kita menyaksikan kehidupan dalam beragam wujudnya.

Di sisi lain, benda mati seperti meja, kursi, pulpen, dan lainnya, tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan. Mereka tidak bernapas, tidak bergerak, dan tidak berkembang biak. Inilah perbedaan mendasar antara makhluk hidup dan benda mati.

Tidak hanya itu, makhluk hidup juga ditandai dengan kemampuan mereka untuk berevolusi atau mengalami perubahan dalam bentuk hidup. Mereka mampu menerima rangsangan, seperti suara, sentuhan, dan stimulus lainnya.

Menurut Encyclopaedia Britannica, makhluk hidup adalah organisme yang menjalankan fungsi kehidupan dan memiliki banyak sel serta jaringan dalam tubuhnya. Dalam hal ini, sel merupakan komponen mendasar yang menyusun tubuh makhluk hidup, baik itu uniseluler seperti Paramecium atau multiseluler seperti tumbuhan, hewan, dan manusia.

Baca juga: Tips Belajar ala Hermione Granger, Santai tapi Serius

Ciri-ciri Makhluk Hidup

Ciri-ciri makhluk hidup menjadi penanda utama untuk membedakannya dari benda mati. Apa saja ciri-ciri tersebut?

  • Bernapas atau Respirasi
    Makhluk hidup melakukan respirasi. Manusia, hewan, dan tumbuhan memiliki cara masing-masing dalam proses pernapasan. Manusia menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida melalui paru-paru, sementara tumbuhan melakukan fotosintesis untuk memproduksi oksigen.

  • Bergerak
    Kemampuan untuk bergerak menjadi ciri khas makhluk hidup. Manusia, hewan, dan bahkan tumbuhan menunjukkan gerakan atau respons terhadap rangsangan tertentu.

  • Membutuhkan Makanan
    Semua makhluk hidup membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Tumbuhan membuat makanan sendiri melalui fotosintesis, sementara manusia dan hewan memperoleh makanan dari sumber lain.

  • Tumbuh dan Berkembang
    Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan adalah penambahan jumlah dan berat kering sel yang bersifat irreversible, sementara perkembangan adalah proses menuju kedewasaan dan perubahan struktur serta fungsi organ tubuh.

  • Berkembang Biak
    Makhluk hidup mampu berkembang biak untuk menjaga kelangsungan hidup dan mewarisi sifat induknya. Proses reproduksi dapat berlangsung secara aseksual maupun seksual.

  • Peka terhadap Rangsangan
    Makhluk hidup peka terhadap rangsangan dan memiliki indera untuk meresponsnya. Manusia memiliki mata, telinga, hidung, lidah, tangan, dan kaki sebagai alat untuk merasakan lingkungan sekitar.

  • Tersusun dari Sel
    Sel-sel merupakan komponen dasar dari makhluk hidup, baik itu uniseluler maupun multiseluler. Sel berkembang melalui pembelahan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan.

  • Melakukan Metabolisme
    Setiap makhluk hidup melakukan metabolisme untuk memproses makanan guna mempertahankan hidup.

  • Menghasilkan Zat Sisa
    Makhluk hidup mengeluarkan zat sisa dari proses metabolisme yang bersifat racun bagi tubuh dan harus dikeluarkan.

  • Beradaptasi
    Kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar menjadi kunci kelangsungan hidup. Makhluk hidup berusaha menyesuaikan diri agar dapat bertahan hidup dalam lingkungan yang terus berubah.

Contoh Makhluk Hidup

Contoh makhluk hidup yang kita temui sehari-hari meliputi manusia, tumbuhan, hewan, bakteri, jamur, dan masih banyak lagi. Manusia dengan keberagaman budaya dan kemampuan berpikirnya, tumbuhan yang menciptakan oksigen, hingga hewan-hewan yang memiliki beragam cara beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Makhluk hidup menunjukkan keajaiban kehidupan dengan berbagai bentuknya. Dalam keragaman ini, kita dapat memahami betapa eratnya hubungan antara semua entitas di dunia.

Les privat Biologi di Executive-Education.id membuka pintu pengetahuan yang mendalam tentang kehidupan. Melalui pendekatan interaktif dari tutor berkompeten, jelajahi rahasia organisme hidup dari sel hingga ekosistem. Dapatkan pengalaman belajar tak terlupakan dengan menghidupkan konsep-konsep ilmiah. Bergabunglah dengan kami dan temukan cara belajar biologi melalui metode pembelajaran terkini.

Scroll to Top