8 Tips Khatam Baca Al-Quran selama Ramadhan

Di seluruh dunia, umat Islam merasakan keberkahan di bulan Ramadhan. Salah satu amalan yang sangat dianjurkan selama bulan suci ini adalah menyelesaikan bacaan Al-Quran atau yang sering disebut khatam Al-Quran.

Namun bagi sebagian orang, mencapai target khatam Al-Quran bisa menjadi tantangan tersendiri. Untuk membantu kamu dalam meraih tujuan mulia ini, berikut adalah 8 tips yang dapat kamu terapkan agar bisa khatam bacaan Al-Quran di bulan Ramadhan.

Terapkan Sistem One Day One Juz

Salah satu cara yang efektif untuk menyelesaikan bacaan Al-Quran di bulan Ramadhan adalah dengan menerapkan sistem satu hari satu juz. Dengan cara ini, kamu dapat membagi waktu membaca Al-Quran sesuai dengan jumlah juz yang ada. Pastikan kamu memiliki mushaf Al-Quran yang terbagi per juz atau yang biasa disebut mushaf khataman untuk memudahkan dalam merencanakan pembacaan setiap harinya.

Membaca Al-Quran Setiap Sholat

Bagi kamu yang merasa sulit untuk menyelesaikan satu juz Al-Quran dalam satu waktu, cobalah untuk membaca Al-Quran secara bertahap setiap kali setelah menunaikan sholat fardu. Misalnya, setelah menunaikan sholat Dhuha atau setelah sholat Isya, luangkan waktu sebentar untuk membaca beberapa lembar Al-Quran. Dengan cara ini, kamu dapat merasa lebih mudah dan teratur dalam menyelesaikan bacaan Al-Quran tanpa harus membebani diri dengan pembacaan yang terlalu banyak dalam satu waktu.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Sholat dalam Kehidupan Sehari-hari?

Baca Al-Quran 22 Halaman per Hari

Salah satu strategi yang efektif dalam menyelesaikan bacaan Al-Quran di bulan Ramadhan adalah dengan merencanakan pembacaan berdasarkan jumlah halaman Al-Quran yang kamu miliki. Misalnya, jika kamu memiliki mushaf Al-Quran dengan 604 halaman dan ingin menyelesaikannya dalam 29 hari, maka kamu perlu membaca sekitar 21 atau 22 halaman setiap harinya. Pastikan kamu membuat jadwal pembacaan yang realistis dan sesuai dengan kesibukanmu sehari-hari.

Buat Tabel Target

Agar lebih terorganisir dalam menyelesaikan bacaan Al-Quran, kamu dapat membuat tabel target pembacaan Al-Quran yang harus kamu capai setiap hari. Misalnya, kamu dapat menetapkan jumlah halaman atau lembar yang harus dibaca setiap kali setelah menyelesaikan sholat fardu. Dengan cara ini, kamu dapat melacak kemajuan pembacaanmu secara lebih teratur dan terarah.

Hai kamu! Ingin belajar mengaji tapi nggak punya waktu atau males keluar rumah? Tenang, Executive-Education.id punya solusinya! Les privat mengaji online yang praktis banget, bisa kamu ikuti dari mana aja. Dengan metode yang mudah dipahami, kamu bisa khatam baca Al-Quran selama Ramadhan tanpa ribet. Yuk, jadikan waktu senggangmu lebih berkah dengan belajar bersama kami. Daftar sekarang dan mulai perjalananmu menuju hafalan Al-Quran yang sempurna!

Beli Mushaf Al-Quran Kecil

Jika kamu lebih nyaman membaca Al-Quran dalam bentuk fisik, pertimbangkan untuk membeli Al-Quran kecil yang praktis dibawa ke mana-mana. Dengan ukurannya yang ringkas, kamu dapat membaca Al-Quran dengan lebih mudah di mana pun kamu berada. Selain itu, pastikan huruf-hurufnya tetap mudah terbaca oleh mata agar pembacaanmu tidak terganggu.

Baca Al-Quran di Antara Adzan dan Iqamah

Gunakan waktu antara adzan dan iqamah untuk membaca Al-Quran. Dengan memanfaatkan waktu-waktu kosong seperti ini, kamu dapat meningkatkan produktivitas pembacaan Al-Quranmu di bulan Ramadhan. Misalnya, saat menunggu iqamah sholat, luangkan waktu sebentar untuk membaca beberapa ayat Al-Quran. Dengan begitu, kamu dapat merasa lebih produktif dan teratur dalam menyelesaikan bacaan Al-Quranmu.

Baca juga: Bagaimana Sejarah Al-Qur’an Dibukukan untuk Pertama Kalinya?

Khusus Muslimah, Jangan Lupa Menabung Juz

Bagi muslimah, menstruasi dapat menjadi faktor yang mempengaruhi kemampuan untuk membaca Al-Quran secara teratur. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menyisihkan waktu khusus untuk menabung bacaan Al-Quran sebelum dan selama masa menstruasi. Pastikan kamu meluangkan waktu ekstra untuk menyelesaikan bacaan Al-Quranmu sebelum menstruasi datang agar target khatam Al-Quranmu tetap tercapai.

Terapkan Sanksi

Jika merasa sulit untuk disiplin dalam menyelesaikan bacaan Al-Quran, pertimbangkan untuk memberikan sanksi pada dirimu sendiri. Misalnya, jika gagal memenuhi target pembacaan Al-Quranmu, kamu dapat memberikan sanksi berupa menunda makan enak saat berbuka puasa sebagai bentuk tanggung jawab. Dengan cara ini, kamu akan lebih termotivasi untuk menjaga komitmenmu dalam menyelesaikan bacaan Al-Quran hingga akhir bulan Ramadhan.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, diharapkan kamu dapat mencapai target khatam bacaan Al-Quran di bulan Ramadhan dengan lebih mudah dan lancar. Selamat menunaikan ibadah dan semoga bermanfaat!

Scroll to Top