6 Cara Mudah Belajar Matematika untuk Tingkatkan Pemahaman

Matematika, menjadi mata pelajaran wajib dalam berbagai kurikulum, mengemban peran penting dari tingkat SD hingga perguruan tinggi. Tidak hanya pada bidang sains dan teknologi, namun juga memiliki relevansi dalam bidang sosial untuk memecahkan berbagai masalah berbasis kuantitatif.

Namun, sering kali muncul kesulitan dalam memahami Matematika. Pandangan bahwa Matematika adalah hal yang menakutkan telah merasuk ke banyak kalangan. Banyak yang merasa bahwa Matematika adalah bidang yang rumit dan sulit. Apakah kamu mengalami hal serupa? Meski begitu, apabila kita memahami konsep-konsep dasarnya, maka belajar Matematika sebenarnya bisa menjadi lebih mudah.

Matematika memiliki keunikannya sendiri, sehingga memerlukan pendekatan yang tepat. Kali ini, kita akan membahas beberapa tips atau cara mudah belajar Matematika. Berikut ulasannya!

Proaktif dalam Setiap Pembelajaran

Penting untuk tetap aktif dalam belajar Matematika. Matematika tidak hanya sekadar perhitungan semata, melainkan pelajaran yang melatih logika dan kemampuan pemecahan masalah. Berbeda dari pelajaran lain, satu topik Matematika bisa mencakup berbagai jenis soal yang harus diselesaikan.

Cara menghadapinya adalah dengan melatih otak kita untuk menangani berbagai jenis soal ini. Hal ini mirip dengan cara kita mengatasi masalah dalam kehidupan sehari-hari. Kita harus terbiasa dalam mengembangkan kemampuan menyelesaikan masalah, sehingga saat kita menghadapi permasalahan, kita dapat menemukan solusi dengan lebih baik.

Sifat Kumulatif dalam Matematika

Matematika bersifat kumulatif, dimulai dari operasi dasar seperti penjumlahan dan pengurangan, hingga perkalian dan pembagian. Belajar Matematika akan terasa sulit jika kita hanya melompat-lompat dari satu konsep ke konsep lain. Hampir semua bagian Matematika saling terhubung dan mempengaruhi.

Dalam belajar Matematika, apa yang kita pelajari hari ini akan menjadi dasar penting untuk pemahaman materi di hari-hari berikutnya. Jika kita melewatkan suatu konsep, akan sulit untuk mengejar materi selanjutnya, dan jika terus dibiarkan, kita akan semakin tertinggal. Inilah alasan mengapa banyak orang mengalami kesulitan dalam belajar Matematika.

Hindari Banyak Hafalan

Berbeda dengan beberapa mata pelajaran lain, Matematika tidak bisa diandalkan dengan hafalan semata. Kita mungkin bisa menghafal nama-nama atau tanggal-tanggal tertentu, tetapi Matematika memerlukan pemahaman konsep yang mendalam.

Menghafal rumus-rumus tidak akan efektif, hal yang lebih penting adalah memahami konsep di balik rumus tersebut. Jika kita tidak memahami konsepnya, walaupun kita memiliki semua rumus di dunia, kita tetap tidak akan bisa mengatasi masalah Matematika dengan baik.

Buat Daftar Kosakata & Rumus

Bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia Matematika, Matematika mengandung memang bahasa tersendiri.

Matematika memiliki istilah-istilah khusus yang perlu dipahami, disertai dengan berbagai rumus yang tak terhitung jumlahnya. Untuk memudahkan belajar, kita bisa membuat daftar istilah dan rumus Matematika, serta rajin membacanya untuk memahami arti dan penggunaannya.

Catat Secara Teliti & Terstruktur

Dalam belajar Matematika, membuat catatan hanya dengan mencatat poin-poin tertentu mungkin kurang efektif. Sebaliknya, buatlah catatan yang komprehensif dan lengkap, catat hal-hal penting yang tidak mungkin diingat begitu saja.

Perhatikan penjelasan dari guru, ambil inti konsep dan rumus, lalu tuliskan dengan bahasa kita sendiri. Pastikan untuk tidak terlalu fokus mencatat hingga melewatkan penjelasan dari guru.

Kerjakan Tugas dengan Konsisten

Latihan dan tugas merupakan bagian penting dari belajar Matematika. Tugas-tugas ini dirancang untuk melatih keterampilan dan membiasakan kita dengan konsep serta cara penyelesaian masalah Matematika.

Jangan mengeluh tentang banyaknya tugas, tetapi mulailah mengerjakannya dengan tekun. Hindari kebiasaan mencontek! Sebaiknya, kerjakan tugas tersebut segera setelah pelajaran, ketika materi masih segar dalam ingatan.

Nah, buat kamu yang pengen belajar Matematika dengan lebih nyaman dari rumah, coba deh les privat Matematika online dari Executive Education! Kamu bisa belajar kapan aja sesuai jadwalmu. Gak perlu khawatir soal biaya, karena kami tawarkan dengan harga yang lebih terjangkau. Dijamin, materi Matematika jadi lebih mudah dipahami dengan tutor berpengalaman. Yuk, tingkatkan skill Matematikamu dengan les online yang asik dan gak bikin kantong bolong!

f
Scroll to Top