Cara Asah Berhitung Anak Lewat Permainan

Pendidikan awal bagi anak-anak dimulai di rumah, jauh sebelum mereka memasuki bangku sekolah. Peran orang tua dan keluarga dalam mengenalkan konsep-konsep dasar seperti berhitung sangatlah penting.

Namun, belajar berhitung tidak harus terasa seperti tugas yang membosankan. Sebaliknya, melalui berbagai jenis permainan yang menyenangkan, anak-anak dapat belajar dengan cara yang lebih efektif dan menyenangkan.

Pentingnya Pembelajaran Berhitung Sejak Dini

Sebelum kita memasuki pembahasan mengenai permainan-permainan yang dapat membantu mengasah kemampuan berhitung anak-anak, penting untuk memahami mengapa pembelajaran berhitung sejak dini sangatlah penting. Berikut adalah beberapa alasan mengapa hal ini penting:

  • Pembangunan Kemampuan Kognitif
    Pembelajaran berhitung dapat membantu mengembangkan kemampuan kognitif anak-anak, seperti berpikir logis, menyelesaikan masalah, dan pemecahan masalah.

  • Persiapan untuk Pendidikan Formal
    Memiliki pemahaman yang baik tentang konsep-konsep matematika dasar akan membantu anak-anak dalam memahami pelajaran matematika di sekolah lebih baik.

  • Pengembangan Kemampuan Hidup
    Berhitung adalah keterampilan penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti berbelanja, mengelola keuangan, dan mengukur bahan-bahan saat memasak.

Dengan memahami pentingnya pembelajaran berhitung sejak dini, kita dapat melihat betapa pentingnya peran permainan dalam proses ini.

Baca juga: 5 Cara Supaya Anak Suka Berhitung

Jenis Permainan yang Mengajarkan Berhitung

Ada banyak jenis permainan yang dapat membantu anak-anak mengasah kemampuan berhitung mereka. Berikut adalah beberapa contoh permainan yang menyenangkan dan efektif:

  • Menyanyikan Lagu tentang Angka
    Menyanyikan lagu-lagu yang mengandung unsur angka merupakan cara yang menyenangkan untuk mengajarkan berhitung kepada anak-anak. Lagu-lagu seperti “Satu-satu Aku Sayang Ibu” dan “Balonku Ada Lima” tidak hanya mengajarkan angka, tetapi juga konsep jumlah.

  • Bermain Congklak
    Congklak adalah permainan tradisional yang tidak hanya menghibur, tetapi juga melatih anak-anak dalam berhitung dengan benar. Mereka perlu menghitung biji-bijian yang mereka ambil dan memindahkannya ke lubang-lubang yang tepat.

  • Mencocokkan Angka dan Gambar
    Membuat kartu dengan angka dan gambar yang sesuai jumlahnya adalah cara yang efektif untuk melibatkan anak-anak dalam pembelajaran berhitung. Mereka dapat mencocokkan angka dengan gambar yang sesuai sambil belajar menghitung.

  • Bermain Engklek
    Engklek adalah permainan tradisional yang melibatkan melompat dari satu kotak ke kotak lainnya. Dengan menggambar angka di atas setiap kotak, anak-anak dapat belajar tentang urutan angka sambil bergerak secara aktif.

  • Menemani Berbelanja di Supermarket
    Mengajak anak-anak berbelanja di supermarket dapat menjadi kesempatan yang baik untuk mengajarkan mereka tentang berhitung dalam konteks nyata. Mereka dapat membantu menghitung barang belanjaan seperti buah-buahan atau sayuran.

  • Bermain Ular Tangga
    Ular tangga adalah permainan papan yang melibatkan menghitung jumlah mata dadu dan melangkah sesuai dengan angka yang muncul. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk mengajarkan anak-anak tentang angka dan urutan.

Executive-Education.id dengan bangga menawarkan layanan les privat calistung di Tangerang Selatan. Metode belajar fun learning kami dipandu oleh tutor yang sabar, kreatif, dan berpengalaman untuk memastikan pembelajaran yang efektif. Les privat diselenggarakan secara one-on-one, memungkinkan anak tetap fokus tanpa harus keluar rumah. Kami berkomitmen untuk menyediakan pengalaman belajar yang terbaik bagi anak. Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan jadwalkan sesi pembelajaran bersama kami.

Tips Optimalkan Belajar Berhitung Melalui Permainan

Agar pembelajaran berhitung melalui permainan menjadi lebih efektif, berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan:

  • Libatkan Anak dalam Proses Pembelajaran
    Biarkan anak aktif berpartisipasi dalam permainan dan biarkan mereka merasa bahwa pembelajaran itu menyenangkan.

  • Variasi
    Cobalah berbagai jenis permainan dan temukan yang paling disukai anak-anak Anda. Variasi akan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik.

  • Berikan Pujian
    Berikan pujian dan dorongan kepada anak-anak saat mereka berhasil menyelesaikan tugas atau mencapai pencapaian dalam pembelajaran berhitung.

  • Terapkan dalam Konteks Nyata
    Selain bermain, tunjukkan kepada anak-anak bagaimana konsep berhitung dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Cara Mengenalkan Angka pada Anak

Kesimpulan

Pembelajaran berhitung merupakan bagian penting dari pendidikan awal anak-anak. Melalui permainan yang menyenangkan dan interaktif, anak-anak dapat mengembangkan kemampuan berhitung mereka dengan lebih efektif. Penting bagi orang tua dan pengasuh untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan mendukung agar anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dalam hal berhitung dan matematika secara umum.

Scroll to Top